Breaking

Beberapa alat Musik Tertua

Jika alat musik sudah ada dari jaman dahulu kala berarti musik memberikan pengaruh yang luar biasa bagi lingkungannya. Berikut beberapa alat musik tertua yang pernah ditemukan :


Suling (flute)

Sebuah flute (seruling) yang ditemukan dari sebuah goa di Jerman yang terbuat dari tulang seekor burung. Pada awal era modern, Eropa telah mengembangkan budaya yang kompleks dan kreatif. Sebuah tim arkeologi pimpinan ahli arkeologi Nicholas Conard dari University of Tuebingen menyambung kembali 12 potongan flute, yang didapat dari tumpukan tulang burung nasar dari goa Hohle Fels, menjadi sebuah flute yang panjangnya sekitar 22 sentimeter dengan lima lubang.






Didgeridoo

Alat musik ini berasal dari masyarakat Aborigin Australia Utara, alat ini yang biasa disebut dige, sangat tua, dan tidak diketahui siapa yang menemukannya. Cara memainkannya dengan meniup batang pohon ekaliptus yang berlubang.
Ditemukan oleh British Medical Journal bahwa memainkan alat musik ini akan membantu mengurangi mendengkur dan membantu gangguan pernapasan pada saat tidur, karena alat ini akan membantu memperkuat otot saluran udara atas.
Buat yang suka ngorok pingin sembuh ke Australia aja, hehehe....








Tsabouna

Ditemukan oleh: gembala-gembala di Yunani.
Cara memainkannya TSobauna dibuat dari kulit kambing, yang digembungkan dengan meniup bagian mouthpieace. Di sisi lain dari alat ini, ada semacam alat yang mirip flute, yang dimainkan dengan jari.
Hal yang mengagumkan: Walaupun mirip dengan bagpipe Skotlandia, tsabouna tidak memiliki pipa2 lain, sehingga tidak menimbulkan suara bising seperti bagpipe Skotlandia










Glass Armonica

Ditemukan oleh Benjamin Franklin pada 1761, Armonica dalam bahasa Italia berarti harmoni. Ia pernah mengatakan: 'Dari semua temuanku, yang paling memuaskan buat aku adalah Glass Armonica ini."
Semua orang yang pernah menggesekkan jari di mulut gelas, pasti tahu bahwa suara yang dihasilkan bergantung pada jumlah air dalam gelas. Franklin menggunakan ide ini dengan menggunakan semacam alat yang di pompa dengan kaki, dan menggetarkan botol, sehingga apa yang kita butuhkan hanya tinggal menyentuhkan jari basah kita ke bibir gelas. Bentuk gelas lah yang menentukan suara yang keluar
Mozart sangat menyukai alat ini, sehingga ia menulis dia komposisi yang dimainkan untuk alat ini.




Bonang

Bonang merupakan peninggalan sejarah bagi bangsa Indonesia. Dalam mitologi Jawa, gamelan (memukul dengan palu), gamelan diciptakan oleh Sang Hyang Guru pada tahun Saka 167, sekitar 230 Masehi)
Di Bali, bonang memiliki 'sepupu' yang disebut Reong, yang hampir identik. Pernah terpikir membuat kolaborasi dengan salah satu alat musik tertua di Dunia?





Hang

Ditemukan di Bern, Switzerland, oleh Felix Rohner and Sabina Schärer dari THE PANArt Company. Alat musik ini semacam gabungan antara drum dan gamelan, alat ini dimainkan dengan ujung2 jari dan pangkal telapak tangan (seperti ketipung). Nada yang dihasilkan didapat dengan tekanan tangan.

No comments:

Post a Comment

loading...
loading...