Breaking

Mengenal Fungsi Musik Secara Lebih Mendalam

Sebelum membahas tentang fungsi musik secara lebih mendalam, sebelumnya kita harus bisa memahami konsep 'guna' dan 'fungsi'. Menurut anda, apa ada perbedaankah antara 2 konseb tersebut? untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba jawab pertanya yg ini:

1. Apa tujuan anda untuk mendengar musik? Anda mungkin akan menjawab "Agar terasa tidak sepi" atau "Untuk hiburan". Jawaban tersebut kemungkinan menimbul pertanyaan kedua..

2. Kenapa anda menilai musik sebagai "hiburan" diwaktu sedang belajar? 

Jawaban dari pertanyaan pertama tersebut bertujuan untuk memahami arti kata 'guna', sedangkan jawaban dari pertanyaan yang kedua tersebut bertujuan untuk memahami arti dari kata 'fungsi'. Nahh.. sudah jelaskan bos?? :D kalau masih belum mengerti berarti anda harus sekolah lagi.. hehehe :v (becanda)

Konsep dari 'fungsi' mengundang pandangan subjektif seseorang tentang suatu pengalaman yg pernah ia peroleh dlm kehidupannya. sekarang, mari kita menerapkan penggunaan dari dua istilah itu ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pernahkah anda mengamati proses upacara yg selalu dilakukan setiap hari senin di sekolah/dikantror anda? apakah seluruh peserta upacara yg diminta untuk menyanyikan lagu indonesia raya? apa keguanaannya seluruh peserta upacara menyanyikan lagu upacara tersebut? kamu mungkin menjawab bahwa indonesia raya dinyanyikan dlm upacara bendera krn lagu tersebut adlh lagu kebangsaan negara kita. kenapa dlm upacara tersebut seluruh peserta harus menyanyikan lagu tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan itu, anda harus dapat mengenal dgn baik atau mengindentifikasi peristiwa (konteks) yg terjadi ketika lagu itu dinyanyikan.
loading...
loading...