Breaking

Gigi Susu

Fungsi Gigi Susu


      Gigi adalah bagian yang keras yang terdapat di dalam mulut kita, perlu diketahui kita memiliki struktur pelindungan yang keras dari gigi yang disebut email, yang membantu mencegah gigi kita dari lubang (karies) gigi, jadi sobat jambocinta sekalian harus ingat betapa pentingnya gigi kita, maka oleh karena itu rawatlah gigi sejak dini dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi lubang  (karies) gigi, karena mencega lebih baik daripada mengobati.
Gigi juga memiliki Tulang yang merupakan lapisan yang berada setelah email yang dibentuk dari zat kapur yang diikuti dengan Rongga yang di dalamnya terdapat pembuluh darah kapiler dan serabut-serabut syaraf, terakhir masuklah Semen yang  merupakan bagian dari akar gigi yang berdampingan / berbatasan langsung dengan tulang rahang di mana gigi kita tumbuh.
            Fungsi utama gigi adalah untuk merobek dan menggunyah makanan. Gigi sangat berperan penting dalam proses pencernaan kita. Gigi akan memotong makanan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga proses pencernaan lebih mudah. Sobat jambocinta bisa bayangkan kalau seandainya kita makan makanan yang ukurannya besar tanpa kita kunyah dulu? Pasti kita merasa sangat menyakitkan, karena makanannya tersangkut dibagian leher tidak bias langsung masuk ke dalam tubuh kita.
            Fungsi gigi susu bagi sobat jambocinta yang masih memiliki gigi susu belum memiliki gigi permanen (tetap) adalah untuk menggunyah makanan, berbicara dan berbagai fungsi lainnya. Jika gigi susu atau gigi yang sedang sobat jambocinta miliki saat ini tidak dirawat dan rusak maka fungsinya tidak akan optimal untuk pertumbuhan gigi permanen. Dengan melakukan perawatan, kerusakan dini gigi susu dapat dikurangi. Sobat jambocinta tahu tidak kenapa gigi sobat jambocinta lebih kecil dibandingkan dengan gigi orang dewasa? Karena gigi sobat jambocinta adalah gigi susu dan gigi orang dewasa adalah gigi permanen. Gigi susu memiliki jarak yang lebih renggang yang mana pada saat sudah waktunya tanggal akan diganti dengan gigi permanen dan akan membuat gigi kita jadi lebih rapat sekaligus menempati rahang dengan pas tidak seperti gigi susu lagi yang lebih renggang, itulah sebabnya kenapa gigi sobat jambocinta renggang.


            Sobat jambocinta setiap gigi kita memiliki fungsinya masing-masing dalam proses penggunyahan :
-          Gigi Seri berfungsi untuk memotong makanan. Artinya ketika kita menggigit makanan, gigi seri lah yang bertugas memotongnya sehingga menjadi bagia yang lebih kecil.
-          Gigi Taring berfungsi menyobek makanan. Terutama sekali perannya pada saat kita memakan danging. Itulah sebabnya hewan yang pemakan daging memiliki banyak gigi taring, karena fungsi utamanya menyobek makanan.
-          Gigi Premolar (geraham kecil) fungsinya adalah peralihan dari gigi taring ke premolar, maksudnya setelah disobek-sobek gigi taring makanan akan dikirim ke gigi premolar. Begitu sampai pada gigi premolar makanan akan digilas atau dikunyah.
-          Gigi Molar (geraham) fungsinya mengiling makanan agar menjadi lebih halus sebelum dikirim ke saluran pencernaan kita.

Sobat jambocinta jangan tertipu lagi dengan anjuran mengunyah makanan 32 kali didalam mulut sebelum ditelan, karena tidak ada satu pun penelitian yang membuktikan manfaat nyata dari proses ini bagi pencernaan. Sobat jambocinta kan sudah tahu gigi kita banyak sekali kerjanya dari gigi seri yang bertugas memotong makanan sampai ke geraham yang menghaluskan makanan, jadi sobat jambocinta tidak perlu takut kalau tidak menggunyah sebanyak 32 kali, karena makanan yang kita makan sudah halus.
            Gigi juga sangat berfungsi sebagai peyangga/sandaran yang kuat bagi rahang untuk memberikan bentuk wajah. Inilah yang kk maksud kenapa gigi juga befungsi sebagai penampilan. Sobat jambocinta tidak mau kan kalau senyum tanpa gigi, pasti diketawin sama teman-teman. Makanya sobat jambocinta rawat gigi sejak dini biar gigi sobat jambocinta berfungsi dengan optimal dan proses makan pun jadi lebih lancar.

Kesimpulan
            Jadi gigi kita sangatlah penting, tidak hanya berfungsi sebagai alat pengunyahan tapi juga berfungsi untuk memberi bentuk wajah. Senyum tanpa gigi tidaklah menyenangkan. Perawatan gigi sejak dini sangatlah diperlukan supaya gigi kita semua terjaga dari kerusakan. Supaya senyum cemerlang kita tetap terjaga.

No comments:

Post a Comment