Breaking

Hindari Sakit Setelah Lebaran

   
  Setelah sebulan berpuasa tentunya kita semua merasakan kemenangan yaitu hari raya atau biasa disebut dengan lebaran. Saat lebaran tiba kita sering atau bahkan terlalu banyak menikmati makanan yang mengandung banyak kadar kalori. Sehingga kita mengalami sakit tenggorokan atau kepala yang pusing akibat terlalu banyak makan makanan yang manis-manis. Untuk mengatisipasinya penyakit yang timbul setelah lebaran ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk sobat sekalian.

8 Tips yang di ungkapkan olek Dokter Specialis penyakit dalam dari FKUI RSCM, Ari fahrial pada kamis 28 juni 2017.
  1. Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang kita santap.
  2. Perhatikan jumlah kalorinya. Menurut Ari, sekecil apa pun camilan manis yang kita makan, pasti mengandung kalori.
  3. Usahakan hanya mengonsumsi satu macam lauk jika merasa telah cukup banyak mengonsumsi kue Lebaran. Kurangi juga nasi saat makan besar.
  4. Hindari camilan yang mengandung cokelat, keju, dan berlemak. Ari menjelaskan bahwa kalori yang ada di lemak jumlahnya dua kali lebih besar dari karbohidrat.
  5. Banyak minum lebih dari dua liter per hari.
  6. Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Usahakan lima porsi saat makan pagi, siang, malam, dan di sela-sela waktu makan tersebut.
  7. Tetap melakukan aktivitas fisik dan bergerak. Jika jarak untuk silaturahmi dapat dilakukan dengan berjalan, usahakan jalan kaki.
  8. Usahakan tidur minimal enam jam setelah Lebaran.


No comments:

Post a Comment

loading...
loading...