Breaking

Menjaga Kondisi Smartphone Supaya Terlihat baru

Smartphone  anda mulai lambat saat browsing atau istilah sekarang lemot, apapun yang dibuka serba lama. Tidak perlu khawatir lagi jika ponsel anda lambat yang perlu anda ketahui adalah bagaimana menjaga stabilitas ponsel anda supaya menjadi lebih ringan. simak tips nya

1. Menjaga Perangkat Lunak Tetap Up to Date

7 Tips Agar Smartphone Terlihat Seperti Baru
Cek apakah ada versi terbaru dari sistem operasi di smartphone kamu, baik itu iOS atau Android sama saja caranya. Semakin kita rutin melakukan pembaruan pada sistem ponsel maka akan lebih mudah memperbaiki dan menutup bug yang muncul agar kinerja ponsel bisa berjalan lancar dan lebih cepat.

Kamu bisa mengecek pembaruan melalui menu pengaturan pada smartphone. Bila kita menjalankan versi terbaru dari perangkat lunak tentu kita akan mendapatkan fitur-fitur dan performa yang lebih baru dan maksimal.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan Lagi

7 Tips Agar Smartphone Terlihat Seperti Baru
Hampir semua pemilik smartphone masih mempertahankan beberapa aplikasi yang jarang lagi digunakan. Contohnya adalah aplikasi pemesanan tiket pesawat yang bahkan kita jarang sekali menggunakannya, atau games yang sama sekali tidak menghibur, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak masalah jika kita menginginkan banyak aplikasi yang terpasang namun pastikan kita mencopotnya jika tak lagi membutuhkan. Aplikasi yang tidak digunakan lagi tentu akan memenuhi ruang penyimpanan dan bisa saja mereka masih menjalankan beberapa fungsi di latar belakang. Jadi sebisa mungkin secara rutin sempatkan diri kita untuk membersihkan beberapa aplikasi yang tidak lagi terpakai. Jika aplikasi tersebut tidak dapat dihapus maka cukup non-aktifkan saja fungsinya agar tidak dapat lagi menggunakan sumber daya secara diam-diam.

3. Kurangi Beberapa Tugas di Latar Belakang

7 Tips Agar Smartphone Terlihat Seperti Baru
Pada sistem iOS dan Android kita bisa melakukan beberapa pengaturan untuk non-aktifkan berbagai macam aplikasi yang menimbulkan dampak negatif pada kinerja smartphone. Misalnya di Android, kita bisa mempertimbangkan untuk mengurangi fungsi latar belakang beberapa aplikasi seperti Email, atau aplikasi media sosial seperti Facebook, dan lain sebagainya.

Matikan juga fitur Bluetooth dan Wi-Fi jika tidak lagi menggunakannya. Dan, yang terakhir yakni jangan gunakan fitur sinkronisasi secara otomatis setiap terhubung ke internet.

4. Bersihkan Icon dan Widget Di Layar Homescreen

7 Tips Agar Smartphone Terlihat Seperti Baru
Pilihan fitur kustomisasi layar homescreen dalam berbagai macam aksesoris dan widget bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tapi jangan sampai kita terbawa suasanya dan membuat layar Homescreen menjadi berantakan.

Apa efeknya? Tentu saja hal ini bisa mempengaruhi kinerja ponsel akan menjadi lambat. Hapus beberapa ikon yang tidak perlu dan hanya pakai widget yang benar-benar kita butuhkan, seperti widget jam dan kalender.

5. Kurangi Efek Animasi

7 Tips Agar Smartphone Terlihat Seperti Baru
Jika ponsel kalian bergerak lambat saat berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya maka bisa jadi ini karena efek animasi yang muncul. Pada ponsel Android kita harus mengaktifkan pilihan pengembang pada menu pengaturan untuk mengurangi dan menonaktifkan beberapa efek animasi tersebut. Dan, jika saat ini kalian menggunakan live wallpaper maka mulailah ganti dengan wallpaper statis agar kinerja smartphone menjadi lebih cepat.

6. Bersihkan Beberapa Ruang Penyimpanan

7 Tips Agar Smartphone Terlihat Seperti Baru
Saat kita sudah menghapus beberapa aplikasi yang tidak berguna namun masih tetap kekurangan ruang penyimpanan. Maka gunakan cara ini, yakni dengan menghapus file-file media yang tidak lagi ditonton, atau lakukan back-up beberapa foto berharga untuk kemudian dihapus sampai bersih.

Hapus juga beberapa pesan yang sudah lama. Dan, jangan lupa yang terakhir yakni pastikan secara rutin untuk menghapus cache aplikasi agar fungsi mereka bisa lebih maksimal lagi dan ruang penyimpanan akan kembali lega.

7. Reset Smartphone

7 Tips Agar Smartphone Terlihat Seperti Baru
Jika ponsel berjalan lambat dan sudah dilakukan berbagai cara optimasi namun tidak ada hasilnya. Maka satu-satunya cara yang bisa dicoba yakni dengan melakukan reset ulang pada ponsel.

Seringkali metode ini dapat memecahkan masalah dan menjadi solusi ampuh untuk mengembalikan kinerja ponsel seperti semula. Tapi sebelum melakukan proses ini pastikan jika semua data yang penting sudah di-backup terlebih dahulu. Cara yang terakhir ini bisa membuat smartphone kalian terlihat seperti baru, dijamin!

No comments:

Post a Comment

loading...
loading...